Selasa, 19 Juni 2012


VESPA KIAN DIGEMARI, BENTUKNYA YANG UNIK MEMBUAT MAHAL HARGANYA

KEBIJAKAN BUNG KARNO MENERIMA IMPOR KENDARAAN BERMOTOR UNTUK KONSUMEN INDONESIA TAHUN 1959 DAN PERTUKARAN BERAS PADA INDIA AWAL DARI DATANGNYA PESPA DARI ITALI ITU MENUJU INDONESIA. 

Mingguan Potlot, 16 Juni 2011

Vespa sebetulnya adalah nama merk kendaraan bermotor, namun orang latah sehingga scuter itu disebutnya vespa. Ada beberapa merk scuter seperi Vespa, Lambreta, Bajaj (bajay) Vespa diproduksi di Italia oleh Piagio, sedang Bajaj dibuat di India, yang sebetulnya juga adalah perusahaan eropa juga.
Italia menguasai pasar sepeda motor kala itu, semua negara Eropa menggunakannya. Namun Dukati hanya dipakai oleh militer.

Pada saat itu vespa sangat populer di Indonesia. Sampai-samapai masyarakat menyebut "Belum kaya kalau belum punya vespa"
Kini Vespa menjadi barang langka yang banyak dicari orang. Terutama vespa impor perdana jaman Bung Karno yakni 1959 sampai 1965. Ciri-cirinya berbadan panjang dan bokong bulat, kepala stir dengan lampu bulat. Ciri yang lainnya adalah stang stir mengecil dan bulat.Lampu belakang kecil segitiga bulat.Mirip entog. Ada yang menyebut vespa Kongo.Vespa jenis ini harganya sekarang berkisar anatara 6 sampai 50 juta rupiah tergantung kondisi bodi, mesin dan surat-suratnya.
Vespa yang termahal saat ini apabila surat-suratnya milik Cakra Birawa atau CPM (Crop Polisi Militer).
Selanjutnya vespa super dan sprint, kedua pespa ini hanya beda suara peredamnya. Super suaranga ngebas, dan vespa sprint suaranya keras dan halus. Kedua vespa ini sama-sama kuatnya untuk toor jarak jauh. Vespa jenis ini juga banyak dicari dan harganya cukup mahal. Vespa jenis ini mulai muncul tahun 1966 sampai 1979. Sedang Vespa PX atau PS belum tergolong kendaraan antik.
Hal yang paling unik lagi dan banyak di cari adalah jenis vespa kecil, kendaraan ini disebut special karena produknya yang terbatas. Maksudnya untuk kalangan perempuan,Namun akhirnya kalah saing dengan honda bebek tahun 1975 an yang ringan dipakai perempuan. Vespa special sekarang harganya bisa sampai 40 Juta!
Untuk para penggemar Vespa di setiap kota terdapat club perkumpulan vespa ini. Untuk penggemar Vespa di Indramayu ADALAH IVABO (IKATAN VESPA ANTIK BONANZA) INDRAMAYU. SEKRETARIATNYA DI jL. ALAMANDA MERAH No. 6 PERUMAHAN CITRA DaYU MARGADADI INDRAMAYU.

Bagi penggemar vespa mari bergabung bersama kami.